Senin, 12 Maret 2012

Penyebab Sakit Haid, Dismenorea

 
 
DISMENOREA adalah istilah medis untuk haid yang terasa nyeri. Sekitar 75 persen wanita mengalami dismenorea pada suatu saat sepanjang usia reproduktifnya.

Dismenorea dikategorikan oleh dokter menjadi dua jenis, yaitu dismenoria primer dan sekunder. Demikian informasi Dr Miriam Stoppard dalam bukunya "Panduan Kesehatan Keluarga".

Dismenorea primer cenderung mulai dua atau tiga tahun setelah menstruasi dimulai dan ovulasi telah berlangsung. Penyebab kelainan ini tidak ditemukan dan gangguan sering kali hilang pada usia sekira 24 tahun dan jarang dijumpai setelah kelahiran anak. Namun, ini dapat berlanjut setelah kelahiran anak dan pertengahan usia 30-an.

Dismenorea sekunder lebih sering dijumpai pada usia dewasa dan menimbulkan kram perut satu atau dua pekan sebelum mulai haid. Ini biasanya merupakan gejala suatu kelainan dasar seperti endometriosis atau perlekatan.

Jenis dismenorea mana pun dapat disertai atau tidak disertai oleh sindrom pramenstruasi, rasa begah, mudah marah, depresi, dan perubahan lain yang sering kali timbul beberapa hari sebelum menstruasi.

Kedua jenis dismenorea memiliki gejala yang sama seperti:
- Kram perut berat pada awal menstruasi dan berlangsung tiga hari
- Diare
- Sering buang air kecil
- Berkeringat
- Rasa nyeri panggul yang menjalar ke bagian atas paha dan punggung
- Perut kembung
- Nyeri punggung
- Mual dan muntah

Menurut penelitian, wanita yang menderita dismenorea primer menghasilkan hormon prostaglandin dalam jumlah berlebihan saat menstruasi atau mereka sangat sensitif terhadap hormon ini. Prostaglandin adalah salah satu hormon yang dilepas selama melahirkan dan sebagian berperan dalam kontraksi rahim.

Dismenorea pun dapat dipandang sebagai persalinan kecil dengan adanya prostaglandin yang menimbulkan kejang otot rahim menyerupai nyeri kram saat melahirkan. Nyeri juga dapat timbul akibat sejumlah kecil darah haid mengalir kembali ke tuba fallopi yang menimbulkan iritasi.
(tty)

0 comments:

Posting Komentar

Entri Populer

 

About

Tips Trik Seks menyediakan artikel-artikel maupun konten-konten tentang seks namun tidak porno. ini di maksudkan hanya untuk sebagai media informasi maupun media pembelajaran tentang seks. semoga bermanfaat.

Arsip Blog

Followers

Tips Trik Seks Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Converted To Community Galleria by Cool Tricks N Tips