Senin, 12 Maret 2012

alat kontrasepsi aman dan alami selain kondom untuk pria

 
JIKA alat kontrasepsi bagi pria yang paling dikenal adalah kondom dan vasektomi, ternyata beberapa tumbuhan pun ada yang memiliki potensi sebagai alat kontrasepsi. Apa saja?

Dr Abdul Mun'im MSi Apt, ahli herbal dari Departemen Farmasi FMIPA UI membeberkan beberapa tanaman yang dijadikan herbal yang berguna sebagai alat kontrasepsi alami. Berikut tiga herbal yang dinilai paling mudah didapatkan masyarakat yang dapat dijadikan alat kontrasepsi alami untuk pria.

Biji kapas (mian hua zi)

Berdasarkan hasil penelitian, sejak 1970 minyak dari biji kapas merupakan kontrasepsi pada pria. Hal ini berdasarkan penemuan di China bahwa minyak dari biji kapas yang digunakan untuk memasak akan menyebabkan ketidaksuburan (infertilitas) pada pria. Zat aktif tersebut adalah gosipol. Minyak biji kapas menyebabkan degenerasi sel yang memproduksi sperma.

Selain dapat dijadikan alat kontrasepsi bagi pria karena mampu menyebabkan penurunan jumlah sperma, biji kapas yang memiliki rasa pedas dan bersifat panas ini memiliki manfaat lain. Beberapa diantaranya adalah sebagai tonik untuk hati dan ginjal, menguatkan tulang punggung dan lutut, menghentikan perdarahan, pereda demam, antiradang dan pelembut kulit. Selain itu mempunyai efek antibakteri dan antivirus.

Gandarusa

Gandarusa diyakini mampu memengaruhi produksi enzim hialuronidase dalam sperma laki-laki. Enzim inilah yang berfungsi melunakkan dinding sel telur sehingga sperma dapat menembus sel telur wanita untuk proses pembuahan.

Efek gandarusa terhadap penurunan aktivitas hialuronidase sebelumnya telah diteliti pada spermatozoa mencit. Penurunan aktivitas hialuronidase yang timbul akibat pemberian ekstrak gandarusa membuat sperma tidak mampu menembus sel telur.

Biji pepaya

Ekstrak biji pepaya pernah disuntikkan kepada tikus dan membuktikan dapat menurunkan spermatogenesis (sel sperma yang matang dalam spesies jantan/proses pembentukan mani).
(tty)

0 comments:

Posting Komentar

Entri Populer

 

About

Tips Trik Seks menyediakan artikel-artikel maupun konten-konten tentang seks namun tidak porno. ini di maksudkan hanya untuk sebagai media informasi maupun media pembelajaran tentang seks. semoga bermanfaat.

Arsip Blog

Followers

Tips Trik Seks Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Converted To Community Galleria by Cool Tricks N Tips